VISI, MISI, DAN TUJUAN

MTS Fathin Al-Aziziyah, sebagai lembaga pendidikan mengemban amanat untuk mencapai dan mendukung Visi dan Misi Pendidikan Nasional serta pendidikan di daerah masing – masing. Oleh karena itu MI/MTS Fathin Al-Aziziyah perlu memiliki Visi dan Misi Madrasah yang dapat dijadikan arah kebijakan dalam mencapai tujuan pendidikan yang dicita-citakan. Berdasarkan Visi Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya serta mengacu padaVisi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pidie Jaya, maka visi MTs Fathin Al- Aziziyah adalah : “ Mewujudkan Madrasah Berakhlakul Karimah, Disiplin Dan Berprestasi ”

 

Visi tersebut dapat dijabarkan dalam indikator sebagai berikut :

 

 

Visi

 

Indikator

 

 

 

 

 

Mewujudkan Madrasah Berakhlakul Karimah

1.   Pengamalan nilai-nilai Ajaran Agama Islam dari sudut pandang adab;

2.   Perilaku yang beradab dalam pergaulan di sekolah dan di masyarakat;

3.   Menjadi teladan yang baik bagi semua warga mdrasah, orang tua, guru dan masyarakat dalam berperilaku dan bertutur kata yang sesuai dengan Ajaran Agama Islam;

4.   Berhubungan baik kepada Allah Swt (hablum minallah) maupun kepada sesama manusia (hablum minannas)dan alam;

5.   Menjalin kerjasama dengan masyarakat dalam berbagai kegiatan yang positif sebagai wujud sikap sosial sesuai dengan syariat Islam.

 

 

 

Disiplin

1.   Disiplin warga madrasah sesuai dengan standar yang berlaku;

2.   Kegiatan pembinaan dan pengembangan minat, bakat dan kemandirian siswa;

3.   Melaksanakan aturan dan tata tertib yang berlaku untuk semua warga madrasah.

 

Berprestasi

1.   Unggul dan berprestasi dalam bidang akademis maupun non akademis;

2.   Mampu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan diterima di madrasah favorit;

3.   Perolehan nilai akademis siswa meningkat dari tahun ke tahun;

4.   Tenaga pendidik dan kependidikan bekerja secara profesional.

 

  1. Menumbuhkembangkan lingkungan dan perilaku religius dengan mengamalkan dan menghayati nilai-nilai Ajaran Agama Islam secara nyata;
  2. Menumbuhkembangkan perilaku terpuji dan menjadi teladan bagi teman dan masyarakat;
  3. Meningkatkan hubungan kerjasama antara warga madrasah dengan lingkungan masyarakat melalui berbagai kegiatan positif;
  4. Meningkatkan sikap disiplin untuk semua warga madrasah;
  5. Melaksakan tata tertib yang berlaku untuk semua warga madrasah;
  6. Membimbing dan mengembangkan minat serta bakat peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler secara efektif;
  7. Meningkatkan efektivitas pembelajaran dan bimbingan secara optimal;
  8. Meningkatkan profesioanalisme dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan;
  9. Meningkatkan pelayanan yang optimal bagi seluruh warga sekolah, baik sarana maupun prasarana pendidikan;
  10. Memotivasi dan menghasilkan siswa yangberprestasi;
  11. Menumbuhkan semangat keuggulan warga madrasah dalam berkarya dan

 

 

TUJUAN

 

Mengacu pada visi dan misi madrasah, serta tujuan umum pendidikan dasar, tujuan madrasah dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut ini.

 

  1. Terlaksananya peningkatan pembinaan nilai-nilai moral dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari;
  2. Meningkatkan kedisiplinan untuk semua komponen warga madrasah sesuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku;
  3. Terlaksananya kepatuhan terhadap aturan dan tata tertib yang berlaku untuk semua warga madrasah;
  4. Terciptanya jalinan kerjasama yang harmonis antara sesama warga madrasah, orang tua siswa, masyarakat, dan semua stakeholdersmadrasah lainnya;
  5. Terlaksananya tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) masing-masing komponen madrasah;
  6. Terlaksananya pengembangan kurikulum secara bertahap, melalui pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan;
  7. Tercapainya optimalisasi    kegiatan   proses                        belajar            mengajar  (KBM)                        yang berorientasi kepada penerapan CTL dan pendekatan saintifik;
  8. Tercapainya perolehan nilai akademis siswa meningkat dari tahun ke tahun;
  9. Terlaksananya kegiatan pembinaan dan pengembangan minat dan bakat siswa;
  10. Peningkatan profesionalitas tenaga pendidik dan kependidikan dengan berbagai kegiatan posiitf yang sesuai dengan tugasnya;
  11. Tercapainya prestasi dalam berbagai kegiatan, baik akademis maupun non akademis.